Manfaat Vitamin Untuk Ayam

 


Infoglobal.my.id - Vitamin ayam dari berbagai merek pada dasarnya sama saja. Namun kebutuhan masih-masing ternak berbeda, dipengaruhi oleh jenis ternak, usia dan bobot badan sehingga susunan komposisinya pun berbeda. Nah, dalam melakukan ternak ayam terutama untuk jenis joper, ayam pedaging, dan ayam petelur hal yang tidak boleh ketinggalan adalah nutrisi dan vitamin untuk ayam agar dapat berkembang dan tumbuh dengan baik.

Vitamin ayam sendiri adalah salah satu suplemen yang sangat diperlukan ayam untuk menunjang proses produksi dan reproduksi ternak. Di artikel ini Nonaternak akan menjelaskan mengenai beberapa vitamin ayam beserta deskripsi dan harganya.

Vitamin Ayam

Fungsi vitamin untuk ayam adalah sebagai obat penambah gizi dan nutrisi untuk si ayam guna mendukung daya kinerja fungsi organ tubuh ayam agar dapat bekerja dengan maksimal. Setiap jenis vitamin memiliki kegunaan yang berbeda dengan dosis yang tidak sama pula antara vitamin satu dengan yang lainnya.

Perlu diketahui vitamin untuk ayam dibagi menjadi dua yaitu vitamin ayam alami (seperti telur, atau ramuan tumbuhan) dan buatan. Pemahaman vitamin ayam perlu secara komprehensif, mulai dari fungsi, jenis ayam dan merek merek vitamin terbaik.

A. Fungsi Pemberian Vitamin pada Unggas

Fungsi utama pemberian vitamin pada unggas atau dalam hal ini ayam adalah untuk memenuhi kebutuhan vitamin yang belum tercukupi dari pakan. Akibat dari defisiensi atau kekurangan vitamin dapat menyebabkan tidak optimalnya metabolisme tubuh sehingga pertumbuhan dan perkembangan tidak bagus.

Berikut ini fungsi masing-masing vitamin bagi unggas.Nah itu dia fungsi masing-masing fitamin, setelah itu, pahami juga kebutuhan vitamin untuk setiap jenis ayam.

B. Memilih Vitamin Ayam Berdasar Jenis Ayam

Di bagian C nanti aku berikan list merek vitamin yang bisa diberikan pada ayam. Pemilihannya berdasarkan pada fungsi, kepopuleran dan tentu saja yang terbaik. Di bawah in aku paparkan dulu hal hal penting saat memilih vitamin.

Vitamin A : Sebagai penjaga stabilitas jaringan pada berbagai organ vital.

Vitamin B kompleks : Vitamin B kompleks pada ayam berfungsi untuk meningkatkan penyerapan nutrien serta meningkatkan nafsu makan ayam karena rate of passage yang tinggi. Selain itu, secara umum vitamin B complex berfungsi untuk memperbaiki sistem saraf dan produksi sel darah.

Vitamin C : Memiliki fungsi utama sebagai anti stres. Itulah kenapa di banyak produk vitamin ternak memiliki kandungan vitamin C yang tinggi.

Vitamin D : Vitamin ini utamanya adalah untuk ayam petelur karena berkaitan dengan penyerapan kalsium dan fosfor.

Vitamin E : Vitamin E lebih utama pada ayam breeding, karena berkaitan dengan kesuburan.

Vitamin K : Berperan dalam pembekuan darah saat luka dan pada penyerapan kalsium.


Post a Comment

0 Comments