Cara Mengetahui Spesifikasi Laptop Beserta Memori


 Apakah Anda berniat untuk membeli sebuah laptop baik atau bekas yang masih layak pakai untuk kebutuhan anak belajar di rumah atau tuntutan bekerja dari rumah? Selain mengecek harga yang sesuai dengan budget atau dana yang dimiliki umumnya harga juga menentukan spesifikasi yang diinginkan.


Mereka yang lebih memilih untuk membeli sebuah laptop langsung dengan melihat dan mengecek kondisinya terlebih dahulu pasti tidak ingin percaya begitu saja dengan spesifikasi yang ditulis pada brosur meja penjualan atau situs online.

Baca Juga : Spesifikasi dan Harga Xiaomi Pad 5 di Indonesia

Anda pasti ingin memastikan bahwa laptop yang ingin dibeli memiliki spesifikasi sesuai dengan yang ditawarkan. Anda juga mungkin berpikir bahwa cara mengecek spesifikasi laptop sulit meskipun memiliki pengetahuan yang cukup mengenai spesifikasi laptop yang sesuai harga atau kebutuhan.


Berikut ini info global sudah menyiapkan panduan cara mengecek spesifikasi laptop yang diinginkan.


1. Tekan tombol berlogo Windows dan huruf "R" bersamaan sehingga muncul kotak dialog di bagian bawah layar

2. Di kotak dialog tersebut ketikan kalimat dxdiag dan tekan menu OK

3. Anda akan menerima sebuah menu dialog yang meminta izin untuk terhubung ke internet, setujui permintaan ini dan akan muncul kotak informasi bernama DirectX Diagnostic Tool

4. Di menu tab System pada DirectX Diagnostic Tool akan muncul informasi berupa sistem operasi, prosesor yang digunakan serta kapasitas memori atau RAM

5. Pilih tab Display 1 dan Display 2 yang berada di bagian atas untuk melihat informasi mengenai kartu grafis (VGA/GPU) yang digunakan, baik kartu grafis terintegrasi maupun kartu grafis diskrit.

Baca Juga : Cara Root Redmi 2 ROM MIUI 7 Global Stable

Pada bagian tersebut Anda mungkin tidak bisa mengetahui kapasitas storage atau memori penyimpanan yang terpasang. Apabila Anda juga mau mengeceknya lakukan langkah berikut.


1. Klik menu Start di sudut kiri bawah layar laptop

2. Klik kata “System” sehingga muncul hasil pencarian dan pilih hasil paling atas “System. Control Panel”

3. Selanjutnya akan terbuka halaman baru berisi informasi spesifikasi laptop seperti pada panduan pertama. Langkah selanjutnya adalah melihat pilihan menu di deretan kiri.

4. Klik menu “Storage” pada deretan menu di sebelah kiri, Anda akan diberikan informasi kapasitas total memori penyimpanan dan yang sudah terpakai.


Catatan yang perlu diingat adalah apabila Anda dijanjikan memori penyimpanan kapasitas 1TB maka kapasitas kosong yang tersedia tidak akan sepenuhnya 1TB melaikan kisaran 900GB. Hal ini karena kapasitas tersebut sudah digunakan untuk pemasangan software sistem operasi dan aplikasi bawaan.

Post a Comment

0 Comments