Seluk Beluk Penelitian Ilmiah


 

A. Penelitian dan Hasil Pengetahuan

Penelitian merupakan dalah satu hal yang penting dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan pendidikan, sekaligus sebagai bagian  yang penting dalam pengembangan peradaban manusia.

Tanpa penelitian suatu ilmu tidak akan pernah berkembang, tidak ada satu negara yang sudah maju dan berhasil dalam pembangunan, tanpa melibatkan banyak kegiatan bidang penelitian.

Di negara-negara yang telah berkembang, apresiasi terhadap kerya penelitian sudah begitu melembaga dan penggunaan dana untuk keperluan penelitian tidak pernah dipertanyakan lagi.

Di negara-negara yang sedang berkembang, penelitian memegang peranan penting sekali, yaitu meliputi aspek-aspek pemasaran, penerapan teknologi, alat-alat pertania, pengangkutan serta peranan industri.

Manfaat dari penelitian, banyak studi menyimpulkan bahwa konstribusi dari penelitian mempunyai nilai yang lebih tinggal dibandingankan dengan biaya yang dikeluarkan untuk keperluan penelitian tersebut.

 Penelitian atau research yang berasal dari bahasa inggris dimana re yang berarti kembali dan search adalah mencari.

mencari kembali untuk mendapatkan sesuatu. penelitian menurut beberapa ahli :

  • Menurut Penny (1975) peneltian adalah pemikiran yang sistematik mengenai berbagai jenis masalah yang pemecahannya memerlukan pengumpulan dan penafsiran fakta-fakta
  • menurut kamus besar bahasa indonesia (2001) penelitian  adalah pemeriksaan yang teliti atau kegiatan pengumpulan, pengolahan, analisisn penyajian data yang dilakukan secara sistematis dan objektif untuk memecahkan suatu persoalan atau mengujian suatu hipotesis untuk mengembangkan prinsip-prinsip umum
  • menurut woody (danim, 2002) penelitian merupakan metode untuk menemukan kebenaran, disamping itu juga merupakan suatu pemikiran kritis.
  • menurut kepmendikbud (1999), penelitian merupakan kegiatan taat keidah dalam upaya untuk menemukan kebenaran dan menyelesaikan masalah dalam ilmu pengetahuan, teknologi dan kesenian
Berdasarkan pengertian penelitian menurut pendapat pera ahli tersebut di atas, dapat disimpulkan bahwa penelitian merupakan suatu penyelidikan atau usaha yang sistematis, terkendali, empiris, teliti dan krisis terhadap fenomena-fenomena untuk mencari suatu fakta-fakta, teori baru, hipotesis dan kebeneran. 

Dengan menggunakan langkah-langkah tertentu agar ditemukan jawaban ilmiah dari penelitian terhadap suatu masalah.

Post a Comment

0 Comments