Cara Membuat Website dengan Blogger Sendiri

Cara Membuat Website dengan Blogger Sendiri

Cara Membuat Website dengan Blogger Sendiri

infoglobal.my.id. gambar Cara membuat blog sendiri cukup mudah dan praktis, terlebih ada banyak platform yang dapat digunakan, salah satunya adalah Blogger. Langkah awal yang dapat dilakukan dalam membuat blog adalah memilih web hosting yang akan digunakan. Jika kamu khawatir akan ada bahasa pemrograman yang perlu dikuasai, tenang saja, cara buat blog di Blogger maupun platform lainnya jarang ada yang memerlukan bahasa pemrograman.

Supaya kamu lebih handal membuat blog, berikut infoglobal sudah merangkum beberapa cara membuat blog pribadi maupun untuk organisasi di Blogger. Yuk, simak sampai akhir artikel ini ya!.

Cara Buat Blog

Blog adalah sebuah jenis website yang memuat konten berupa tulisan dalam berbagai topik. Pada umumnya, tulisan blog akan ditayangkan dari konten paling baru hingga konten paling lama. Blog sendiri memiliki berbagai macam kategori, seperti majalah digital, jurnal online, artikel pembelajaran, dan tutorial. Meskipun berisikan tulisan, blog juga bisa dilengkapi dengan konten visual, seperti gambar, video, hingga infografis.

Dengan mempelajari cara membuat blog pribadi, kamu juga dapat membangun website portofolio pribadi yang dapat digunakan untuk memajukan karier kamu. Lantas, bagaimana cara buat blog? Berikut informasi lengkapnya.

1. Tentukan niche blog

Sebelum mulai membuat blog, kamu perlu menentukan topik apa saja yang akan dibahas dalam blog tersebut. Jika kamu sedang mengembangkan website untuk bisnis online milikmu, kamu sebaiknya menulis seputar produk atau jasa yang kamu jual. Pemilihan niche blog yang tepat juga dapat membangun reputasi website-mu dalam topik tersebut.

Sebagai informasi, niche adalah sekumpulan topik yang menjadi area fokus dari sebuah blog. Jika kamu menjual jasa digital marketing, menulis blog yang berisi tips, tutorial, dan berita seputar digital marketing akan membantu meningkatkan brand awareness sebagai ahli di bidangnya.

2. Pilih platform blogging

Setelah menentukan niche blog, cara buat blog yang selanjutnya adalah memilih platform. Pada dasarnya, platform blogging adalah software yang berfungsi untuk membuat, mengelola, dan mempublikasikan konten dalam sebuah blog. Secara garis besar, terdapat dua jenis platform blogging, yaitu platform gratis dan platform self-hosted.

Platform gratis yang dimaksud adalah Blogger, WordPress.com, Wix, atau Tumblr. Platform tersebut memang sangat mudah digunakan dan tidak perlu biaya sepeserpun. Sementara itu, platform self-hosted adalah jenis software untuk membuat blog di mana kamu dapat mengubah seluruh pengaturan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.

3. Tentukan nama domain

Domain adalah alamat URL unik yang dimiliki setiap website agar pengguna lebih mudah mengenalinya. Meskipun tidak secara langsung berdampak terhadap kesuksesan sebuah blog, pemilihan nama domain yang sesuai dengan nama usaha atau konten blog akan berperan penting dalam mempercepat pertumbuhan situsmu.

Jika kamu ingin membuat blog tentang perternakan, alamat URL yang relevan seperti belajarpeternakan.com atau juga bisa belajarperternakan.id akan memberikan gambaran yang jelas terhadap pengguna dan search engine mengenai konten yang ada di dalamnya.

Apabila kamu telah memiliki nama domain yang ingin digunakan, kamu dapat memeriksa ketersediaan. harga, dan kemudian membelinya di halaman cek domain Dewaweb, rumahwen dan dll untuk pembelian domainya.

1. Membuat Akun Blogger

Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk membuat blog di Blogger adalah membuat akun. Caranya mudah, kamu hanya perlu akun Google dan pastikan kamu sudah log in dengan akun tersebut. Akun Google diperlukan untuk mengakses semua fasilitas yang ada di Blogger. Setelah kamu login dengan akun Google, kamu bisa memulai untuk membuat blog di Blogger.

2. Membuat Blog

1. Buka Blogger pada browser, kemudian klik ‘Create Your Blog’ untuk memulai. Masuk ke akun Google yang kamu pilih.

2. Kemudian kamu akan diminta untuk melengkapi Blog List. Tulis judul blog kamu di kolom ‘Title’ kemudian isi alamat website.

3. Untuk alamat website, tentukan nama alamat yang belum pernah diambil oleh pengguna lain di Blogger. Jika alamat website tersebut sudah pernah digunakan, kamu akan diminta untuk mengganti ke nama alamat lainnya.

4. Setelah semua selesai, klik ‘Create Blog’. Blog kamu sudah berhasil dibuat! Kamu akan langsung diarahkan pada tampilan dashboard Blogger seperti berikut.

5. Untuk melihat tampilan blog yang dibuat, kamu bisa klik ‘View Blog’ di sisi kiri bawah dashboard.

Post a Comment

0 Comments